www.onefashion01.com

GROSIR FASHION ONLINE MURAH DAN TERBESAR DI INDONESIA

Pengertian, Fungsi dan Tujuan Pusat Sumber Belajar

Posted by

Pengertian Pusat Sumber Belajar
Sobat Bookletku - Dalam penyelenggaraan pendidikan kita mengenai adanya pusat-pusat pendidikanf, yang biasanya dikenal dengan istilah tripusat pendidikan yaitu: lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Dari sudut formalitasnya, yaitu adanya usaha penyelengaraan pendidikan secara sistematik, kita mengenal istilah pendidikan formal dan nonformal. Dari sudut kelembagaan kita mengenal adanya penyelenggaraan pendidikan melalui sekolah dan pendidikan luar sekolah. Apapun namanya dan manapun kegiatan belajar mengajar dilakukan, kegiatan itu harus dapat memanfaatkan berbagai sumber belajar yang terdapat di mana-mana baik langsung maupun tidak langsung, dalam bentuk sarana ataupun prasarana.
Menurut Merril dan Drob, yang dimaksud dengan pusat sumber belajar adalah; an organized activity cinsisting of a directies for production, procurement and presentation of instructional materials and provision of developmental and planning service related to the curiculum and teaching on a general university campus. Gerakan pertumbuhan PSB secara historis merupakan suatu kemajuan yang  bersifat gradual tetapi direncanakan, dari bentuknya yang pertama yaitu perpustakaan yang memberikan penekanan kepada media cetak. Dalam pelaksanaannya perpustakaan mereaksi atas permintaan-permintaan dan memberikan layanan kepada para konsumen yang bervariasi secara luas. Dengan demikian, salah satu alasan yang mendorong timbulnya PSB adalah adanya pengembangan sistem instriksional yang akan dapat meningkatkan efektivitas dan efsiensi kegiatan pembelajaran.
Disinilah letak hubungan yang penting antara PSB dengan Pengembangan Sistem Instriksional (instructional development). Sebab segala sumber dan bahan pembelajaran, segala macam peralatan audiovisual, segala macam tipe personal yang ada di dalam PSB, semuanya itu dimaksudkan untuk membantu mewujudkan pengembangan sistem instruksional untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi proses pemelajaran. Dengan demikian, untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi kegiatan pembelajaran melalui pengembangan sistem instruksional diperlukan PSB.
Hakikat dari PSB adalah terpusat kepada peserta didik. Dalam rangka mengembangkan kepribadiannya dan untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran tertentu diperlukan lingkungan belajar tertentu pula, misalnya interaksi belajar dalam kelompok kecil, belajar mandiri, belajar bebas dan sebagainya.
Jadi, PSB merupakan wahana yang memberikan fasilitas dan kemudahan pada proses pembelajaran, di mana berbagai jenis sumber belajar dikembangkan, dikelola, dan dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan efektivitas dan efesiensi kegiatan pembelajaran.
Fungsi Pusat Sumber Belajar 
  1. Fungsi pengembangan sistem instruksional ialah fungsi yang bertujuan untuk menolong jurusan atau departemen dan staf tenaga pengajar secara individual di dalam membuat rancangan (desain) dan pemilihan options (pilihan) untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar dan mengajar, yang meliputi : a) Perencanaan kurikulum, b) Klasifikasi pilihan program pembelajaran, c) Seleksi peralatan dan bahan d) Perkiraan biaya, e) Pelatihan bagi tenaga pengajar tentang pengembangan sistem instruksional, f) Pendanaan program, g) Unsur evaluasi dan h)  Dan program.
  2. Fungsi pelayanan media ialah fungsi yang berhubungan dengan pembuatan rencana program media dan pelayanan pendukung yang dibutuhkan oleh staf pengajar dan pelajar, yang meliputi : a) Penggunaan media untuk kelompok besar. b) Penggnaan media untuk kelompok kecil. c) Program belajar sendiri (individual). d) Pelayanan perpustakaan media/bahan pengajaran. e) Pelayanan pemeliharaan dan penyampaian. f) Pelayanan pembelian bahan-bahan dan peralatan.
  3. Fungsi produksi ialah Fungsi yang berhubungan dengan penyediaan materi dan bahan pelajaran yang tidak dapat diperoleh melalui sumber komersial, yang meliputi : a) Penyiapan karya seni asli untuk tujuan pembelajaran. b) Produksi transparansi untuk OHP. c) Produksi fotografi (slide, bahan/cetak, dan lain-lain) untuk presentasi. d) Pelayanan produksi fotografi. e) Memprogram, mengedit, dan memproduksi rekaman pita suara. f) Memprogram, memelihara, dan mengembangkan system radio dan televisi.
  4. Fungsi administratif ialah fungsi yang berhubungan dengan cara-cara bagaimana tujuan dan prioritas program dapat tercapai. Fungsi ini berhubungan dengan semua segi program yang dilaksanakan dan akan melibatkan semua staf dan pemakai dengan cara-cara yang sesuai. Hal ini meliputi beberapa kegiatan sebagai berikut : a) Pembinaan personalia untuk media. b) Pengembangan koleksi media untuk program pembelajaran. c) Pengembangan spesifikasi pendidikan untuk fasilitas baru. d) Jumlah siswa yang harus dibantu. e) Jumlah pengajar yang harus dibantu. f) Penyediaan pelayanan untuk pemeliharaan bahan, peralatan, dan fasilitas.
  5. Fungsi pelatihan ialah fungsi yang berhubungan dengan upaya untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) baik untuk pengelola PSB maupun masyarakat pengguna. 
Tujuan Pusat Sumber Belajar
Di antaranya meliputi pelatihan, pengembangan potensi pembelajaran, pelatihan pengembangan media pembelajaran (audio, audiovisual, multimedia, cetak, dan media sederhana), pelatihan pengembangan SDM dalam bidang teknis produksi dan sebagainya.
Tujuan umum
Pusat sumber belajar bertujuan meningkatkan efektivitas dan efesiensi kegiatan proses belajar-mengajar melalui pengembangan sistem instruksional. Hal ini dilaksanakan dengan menyediakan berbagai macam pilihan untuk menunjang kegiatan kelas tradisional dan untuk mendorong penggunaan cara-cara belajar yang baru (non-tradisional), yang paling sesuai untuk mencapai tujuan semua program pendidikan dan kewajiban-kewajiban institusional yang direncanakan lainnya.
Misi yang terutama dari pusat sumber belajar adalah pengembangan sistem intruksional yang merupakan sarana utama untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi kegiatan belajar dan mengajar. Dalam fungsi dan kegiatan yang dilaksanakan pusat sumber belajar, termasuk pengadaan dan pelayanan perpustakaan bahan pengajaran, dimaksudkan untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan misi tersebut. 
Tujuan Khusus
Secara khusus Pusat Sumber Belajar bertujuan untuk:
  1. Menyediakan berbagai macam pilihan komunikasi untuk membantu kegiatan kelas tradisional.
  2. Mendorong penggunaan cara-cara baru yang paling sesuai untuk mencapai tujuan program akademik dan kewajiban-kewajiban lainnya.
  3. Memberikan pelayanan dalam perencanaan, produksi, operasional, dan tindak lanjut mengembangkan sistem instruksional.
  4. Melaksanakan latihan bagi staf pengajar mengenai pengembangan sistem instruksional dan integritasi teknologi dalam kegiatan belajar-mengajar.
  5. Memajukan penelitian yang akan membantu memajukan media pendidikan.
  6. Menyebarkan informasi yang akan membantu memajukan penggunaan berbagai macam sumber belajar dengan lebih efektif dan efisien.
  7. Menyediakan pelayanan produksi bahan pengajaran.
  8. Memberikan konsultasi untuk modifikasi dan desain fasilitas sumber belajar.
  9. Membantu mengembangkan standar penggunaan sumber-sumber belajar.
  10. Menyediakan layanan pemeliharaan atas berbagai macam peralatan media.
  11. Membantu dalam pemilihan dan pengadaan bahan-bahan media kelas dan peralatannya.
  12. Menyediakan pelayanan penilaian untuk membantu menentukan efektivitas berbagai cara pembelajaran.
Dari uraian tujuan khusus di atas, jelaslah bahwa pusat sumber belajar mempunyai peranan yang cukup menentukan di dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran. Dengan demikian dari awal hendaklah selalu kita sadari bahwa pusat sumber belajar bukan semata-mata suatu tempat ataupun gudang penyimpanan berbagai macam peralatan dan bahan pengajaran.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 17:14

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.