www.onefashion01.com

GROSIR FASHION ONLINE MURAH DAN TERBESAR DI INDONESIA

Kelebihan dan Kekurangan Buku Pelajaran

Posted by

Sobat Bookletku - Buku pelajaran adalah buku yang menyajikan informasi/pesan yang isinya membicarakan tentang suatu pengetahuan atau mata pelajaran tertentu dicetak secara rapi, logis dan sistematis.

Kelebihan Media Buku Pelajaran
  1. Isi buku pelajaran telah disesuaikan dengan kurikulum sehingga sangat efisien dan efektif, karena guru tidak perlu susah-susah mencari-cari bahan baru.
  2. Siswa  dapat belajar setiap saat di luar jam sekolah.
  3. Dapat mengembangkan sikap mandiri.
Kelemahan Media Buku Pelajaran
  1. Mencetak medianya itu sendiri dapat memakan waktu beberapa hari sampai berbulan-bulan, tergantung kepada kompleksnya pesan yang dicetak dan keadaan alat percetakan setempat.
  2. Mencetak gambar atau foto berwarna biasanya memerlukan biaya yang mahal.
  3. Sukar menampilkan gerak di halaman media cetak.
  4. Pelajaran yang terlalu banyak disajikan, dengan media cetak cenderung untuk mematikan minat dan menyebabkan kebosanan. Demikian juga halnya dengan unit pengajaran terprogram yang terlalu panjang. Rentang waktu belajar dan desain pelajarannya harus benar-benar difikirkan masak-masak.
  5. Tanpa perawatan yang baik, media cetak akan cepat rusak, hilang, atau musnah.
Adapun Teknik Penggunaan Buku Pelajaran agar siswa dapat belajar lebih efektif, guru dapat membimbing dengan cara sebagai berikut:
  • Siswa dianjurkan untuk mencatat istilah-istilah yang belum dimengerti serta kalimat-kalimat yang sulit untuk ditanyakan kepada gurunya.
  • Siswa disuruh membuat ringkasan dari topik atau mata pelajaran yang telah dibacanya.
  • Siswa dianjurkan menjawab soal-soal latihan yang terdapat di dalam buku diluar jam pelajaran, isinya didiskusikan dengan teman-teman sekelasnya. Apabila di dalam buku tidak terdapat soal-soal latihan guru dapat menyusun soal-soal latihan tersendiri sesuai dengan isi topik atau mata pelajaran yang diajarkan.
  • Hal-hal yang bersifat praktis, siswa dapat dianjurkan untuk mengadakan percobaan ataupun penelitian dengan bekerja secara berkelompok.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 17:07

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.